Kamis, 03 November 2011

Minum Susu Sejak Remaja Kurangi Risiko Diabetes Tipe 2


Jakarta, Kebiasaan sehat minum susu bisa memiliki efek jangka panjang terhadap pengurangan risiko seorang perempuan terkena diabetes. Remaja putri yang rajin minum susu diketahui bermanfaat mengurangi risiko terkena penyakit diabetes.

Studi terbaru itu dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition.

Dalam studi ini ditemukan remaja yang rajin minum susu ternyata memiliki risiko 43 persen lebih rendah terkena penyakit diabetes tipe 2 dibandingkan dengan remaja yang tidak minum susu, seperti dikutip dari MedIndia, Senin (31/10/2011).

Penelitian ini dilakukan oleh Harvard University yang mempelajari pola asupan makanan termasuk susu dan produk susu terhadap lebih dari 37.000 perempuan remaja dan dewasa serta risiko kesehatannya.

Diketahui perempuan yang rajin minum susu dan mengonsumsi produk susu di tahun-tahun remajanya (sekitar 4 porsi per hari) memiliki risiko lebih rendah terkena diabetes tipe 2 dibanding yang konsumsi susunya rendah.

Hal ini karena mengonsumsi susu saat remaja akan mempertahakan kebiasaannya ini hingga dewasa sehingga memiliki pola makan yang sehat dan berat badan yang tidak mengalami kelebihan berat badan. Dan berat badan diketahui menjadi faktor risiko yang penting dalam diabetes tipe 2.

Studi kedua yang dilakukan oleh Harvard University semakin memperkuat manfaat susu khususnya sebagai sumber protein. Peneliti menemukan susu rendah lemak bisa digunakan untuk mengganti daging sebagai sumber protein dan mengurangi risiko diabetes tipe 2 sebesar 17 persen.

Dalam studi ini diketahui segelas susu bebas lemak menyediakan 8 gram protein berkualitas tinggi serta 8 nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh termasuk kalsium, vitamin D serta sedikit kalori.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites